Tips

Ketahui Tips Memilih Karbol yang Tepat

Cairan pembersih karbol merupakan cairan yang mengandung desinfektan dan memiliki kemampuan untuk membunuh kuman bakteri. Selain digunakan untuk membersihkan lantai, aromanya yang tajam menyengat juga lazim digunakan untuk membersihkan tempat yang berbau busuk, seperti kandang hewan peliharaan, kamar mandi, tempat sampah, dan lainnya. Berikut tips memilih karbol yang wajib Anda ketahui.

  • Pahami jenis-jenis karbol

Berdasarkan jenisnya, ada dua macam karbol, yakni ready-to-use dan konsentrat. Karbol lantai ready-to-use tidak memerlukan tambahan air. Karbol jenis ini lebih hemat waktu dan lebih praktis. Namun, tidak bisa digunakan untuk menghilangkan bau bangkai atau kotoran yang menyengat. 

Sementara karbol konsentrat adalah kebalikan dari karbol ready-to-use. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam penggunaanya. Anda dapat menyesuaikan berapa banyak air yang dibutuhkan atau bisa langsung dituang pada sumber aroma yang tidak sedap. 

  • sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Untuk tempat-tempat lembab seperti kamar mandi, gunakan karbol beraroma kuat tanpa dicampur dengan air. Hal ini karena tempat lembab menjadi sarang kuman dan jamur. Selain itu, sisa-sisa kotoran yang melekat di lantai juga bisa menimbulkan aroma yang tak sedap. Karena itu, penggunaan karbol dengan aroma tajam akan menetralisirnya.

Sementara untuk lantai kamar, ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga, gunakan karbol yang memiliki aroma segar, seperti aroma hutan, cemara, lemon, mint atau serai. Apabila rumah Anda didatangi banyak serangga, Anda bisa gunakan karbol yang mengandung minyak serai atau citronella untuk mengusirnya. Karena minyak serai tidak disukai oleh serangga. Rumah Anda tidak hanya bersih, tetapi juga terbebas dari lalat, nyamuk, dan kecoak.

  • Gunakan karbol yang ramah lingkungan

Meski karbol mengandung banyak bahan kimia, tetapi ada beberapa karbol yang mengandung bahan alami seperti minyak pinus dan minyak serai. Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan bahan tersebut juga cenderung lebih aman.

  • Beli sesuai kebutuhan

Bagi Anda yang baru pertama kali membelikarbol, maka lebih baik membeli karbol dalam kemasa botol agar mudah disimpan. Sementara, untuk pembelian selanjutan, Anda bisa membeli kemasan refill ataupun sachet agar bisa dimauskkan ke dalam botol.

Sementara jika Anda memiliki hewan peliharaan yang membutuhkan penanganan khsusu terkait aromanya, maka belilah karbol dengan kemasan jerry can agar lebih ekonomis dan tidak cepat habis.

setelah mengetahui tips memilih karbol yang tepat, langkah selanjutnya tinggal menyesuaikan ketentuan di atas dengan merek cairan pembersih karbol yang ada di pasaran. Kemudian, gunakan sesuai kebutuhan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.