Techno

Penyebab Perangkat Kompatibel eSIM Belum Berkembang di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

eSIM atau lebih dikenal sebagai Embedded SIM sebenarnya telah masuk ke Indonesia, dimana terdapat beberapa perangkat kompatibel eSIM, seperti : iPhone XR, XS, dan XS Max yang saat ini tidak banyak digunakan. Akibatnya fitur eSIM pada smartphone ini jadi tidak digunakan atau bisa disebut terbuang sia-sia.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan orang Indonesia yang suka gonta ganti kartu dan inilah yang menjadi dasar dari operator seluler untuk tidak menerapkan eSIM di Indonesia. Selain itu masih belum banyak device yang menerapkan teknologi eSIM pada produk miliknya. Sehingga dalam perkembangannya penggunaan eSIM belum popular.

Seperti yang kita ketahui, eSIM adalah SIM digital yang memungkinkan akan memungkinkan penggunanya untuk dengan mudah memilih provider dan bisa langsung digunakan ketika berpindah operator tanpa perlu menunggu kartu lama dinonaktifkan (saat ini baru bisa berlaku di AS).

Sebenarnya eSIM sendiri sudah di berada di dalam perangkat yang mendukung. Karena eSIM berbeda dengan sistem inject kartu SIM, eSIM memungkinkan mengganti layanan dari satu operator seluler ke operator lainnya dengan scan QR barcode.

Meskipun penggunaan eSIM yang bersifat tertanam di smartphone memiliki banyak kelebihan. Tapi hal ini juga memiliki kekurangan, seperti jika seorang pengguna mengubah ponsel cerdas mereka secara teratur atau jika kamu memiliki beberapa perangkat di rumah dengan kartu SIM yang berbeda, situasi eSIM ini dapat membuat hidupmu sedikit lebih rumit. Setiap kali kamu ingin menggunakan perangkat baru, kamu harus mengaktifkan kartu SIM melalui perangkat lunak perangkat itu. kamu tidak bisa hanya mengeluarkan SIM dan memasukkannya ke perangkat lain dan siap untuk pergi.

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *