Kesehatan

Tak Terduga, Ini 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Bagi pencinta drama Korea atau drakor pasti tak asing dengan makanan kimchi. Makanan ini begitu populer di masyarakat Korea, di setiap restoran pun pasti selalu ada sebagai menu pelengkap. Selain rasanya yang menyegarkan dan nikmat, gizi yang terkandung di dalamnya pun beragam. Namun apa sebenarnya kimchi dan apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

 

Apa Itu Kimchi?

Merupakan asinan lobak dan sawi putih yang difermentasi, sehingga memiliki citarasa asam, asin, dan pedas. Apabila sudah dicuci dan diberi garam, maka sayuran tadi kembali diberikan bumbu bubuk cabai merah, bawang putih, kecap ikan, udang, hingga jahe.

Selain dimakan secara langsung, kimchi kerap dijadikan bumbu tambahan pada masakan contohnya nasi goreng hingga sup. Selain itu makanan fermentasi ini juga dijadikan menu pendamping, topping, hingga isian makanan seperti burger, pancake, hingga pizza.

 

Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut beragam manfaat kimchi bagi kesehatan tubuh diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Probiotik yang terkandung pada sayuran fermentasi ini baik untuk mencegah penyakit jantung karena bersifat anti-inflamasi, antioksidan, serta menurunkan kolesterol. Bakteri probiotik pun bisa menjadi metabolism, yang kemudian diserap dalam darah, mengaktifkan reseptor, lalu menurunkan tekanan darah.

  1. Ramah di Usus

Selain itu probiotik yang terkandung di dalamnya juga bisa menjaga keseimbangan mikroba di usus serta meningkatkan fungsi usus. Usus yang sehat pun dapat menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik, sehingga mengurangi risiko terkena masalah perut seperti diare.

  1. Mencegah Kanker

Karena terbuat dari sawi kelas cruciferous, sehingga termasuk dalam kelompok sayur dengan kandungan senyawa antikanker. Manfaatnya pun akan lebih optimal apabila kondisi kematangan serta proses fermentasinya sesuai, dimana tidak terlalu matang atau masih dalam kondisi mentah.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Tak hanya mengandung probiotik, rupanya kimchi juga mengandung fenol, klorofil, vitamin C, serta karotenoid. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat bagi sistem imun tubuh, seperti vitamin C yang bisa mendorong sistem kekebalan tubuh. Kombinasi dengan antioksidan lainnya juga dapat merangsang produksi kolagen serta mengurangi radikal bebas.

  1. Mendukung Kesehatan Mata

Karena menjadi sumber antioksidan beta karoten, tak heran jika kimchi juga dapat mendatangkan manfaat lain bagi tubuh yakni untuk menjaga kesehatan mata. Terlebih seiring bertambahnya usia, penglihatan pun semakin berkurang.

 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Kimchi

Garam adalah salah satu komponen utama dalam pengawetan kimchi. Perlu diperhatikan jika garam dapat menghambat ginjal dalam membuang cairan, sehingga makanan tinggi garam bisa meningkatkan risiko penyakit jantung serta menaikkan tekanan darah.

Meskipun proses fermentasi dapat mengurangi efek negatifnya, namun jika ingin kimchi dengan porsi lebih bersama dengan makanan lain yang juga tinggi garam, maka asupan garam dalam tubuh pun menjadi berlebih. Untuk itu Anda dapat mengonsumsi 100 gr kimchi setiap harinya yang dilengkapi dengan asupan serat dari sumber makanan lain.

 

Demikianlah manfaat kimchi bagi kesehatan yang tak terduga. Tertarik ingin mencoba?

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.